8 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Hi,

Tahukah kamu?

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi medis yang diam diam tetapi membahayakan. Tidak ada gejala khas ketika terjadinya tekanan darah tinggi ini dan menyerang penderitanya begitu saja. Selain itu juga terjadinya hipertensi ini akan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya misalnya saja penyakit jantung. Melakukan diet atau menjaga pola makan adalah salah satu faktor penting yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tetapi apakah ada makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi? Tentu ada, dan untuk menemukan makanan makanan penurun tekanan darah tinggi ini tidak perlu repot repot mencarinya kemana mana, karena makanan makanan tersebut telah tersebar di berbagai pasar tradisional ataupun pasar swalan disekitaran tempat tinggal.


Berikut dibawah ini 8 makanan penurun tekanan darah tinggi diantaranya yaitu :

1. Bawang Putih
Bawang putih tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur dan antibiotik alami saja, tetapi juga dapat meningkatkan kadar oksida nitrat didalam tubuh. Oksida nitrat ini nantinya akan dapat membantu melebarkan dan melemaskan pembuluh darah yang akan berdampak kepada penurunan tekanan darah tinggi.

2. Tempe
Tempe juga termasuk kedalam daftar makanan penurun darah tinggi yang mengandung probiotik. Yang unik adalah probiotik ini tidak hanya berguna untuk kesehatan pencernaan saja tetapi juga sebagai makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu kamu dapat memilih makanan fermentasi lainnya yang mengandung probiotik selain tempe, untuk dijadikan sebagai makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Kiwi
Kiwi tidak hanya buah yang akan menyegarkan saja tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi menunjukkan dengan mengkonsumsi 3 buah kiwi atau lebih maka akan dapat menurunkan tekanan darah selama 24 jam daripada mengkonsumsi 1 buah apel.

4. Kacang Pistachio
Kacang Pistachio ini tidak hanya dapat dijadikan sebagai makanan cemilan saja tetapi juga dapat dijadikan sebagai makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Makanan ini akan menurunkan tekanan darah dengan cara memperlambat detak jantung, mengurangi ketegangan, dan juga menyempitkan pembuluh darah.

5. Yogurt
Kandungan kalsium didalam yoghurt dapat menurunkan dan akan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi. Sebaiknya yoghurt yang dikonsumsi itu adalah yang tidak mengandung pemanis. Sebagai gantinya kamudapat menambahkan buah buahan ataupun kacang kacangan pada yoghurt yang akan dibeli. Tetapi jikatidak suka yoghurt maka alternatif lainnya adalah susu skim kalsium yang rendah lemak sebagaimakanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Kayu Manis
Kayu manis ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan aroma dan cita rasa kue saja, karena ternyata makanan ini juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat. Kamu dapat
mencampurkan kayu manis ini dengan buah ataupun oatmeal.

7. Minyak Zaitun
Penderita darah tinggi juga jika ingin mendapatkan tekanan darah normal, maka bisa dengan memanfaatkan minyak zaitun untuk memasak. Pasalnya minyak zaitun ini mengandung komponen antiradang berupa polifenol yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Semangka
Kandungan asam amino citrulline yang ada didalam semangka dapat meningkatkan produksi oksida nitrat, sehingga menjadikan semangka ini sebagai salah satu makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu masih ada makanan penurun tekanan darah tinggi lainnya yaitu sayuran hijau, pasalnya sayuran hijau ini kaya akan nitrat yang dapat menjaga tekanan darah.

0 Komentar